TRIK DAN TIPS AMPUH DITERIMA MENJADI PEGAWAI BANK

Tips Diterima menjadi Pegawai bank


  • Tes Potesi Akademik (TPA) dilakukan Bank untuk mengetahui sejauh mana calon pegawainya dalam penguasaan matematika, verbal maupun logika. Materi matematika diantaranya terdiri atas penguasaan deret hitung/ukur untuk mengetahui ketajaman analisa calon pegawai, soal cerita untuk mengetahui kemampuan pemahaman analitik terhadap suatu permasalahan dan penjumlahan urutan angka secara menurun untuk mengetahui ketahanan konsentrasi calon pegawai bank. Seluruh Bank biasanya menggunakan tes model ini. Dengan banyak berlatih melalui buku-buku TPA yang banyak dijual di toko-toko buku, Anda dapat dengan mudah lolos dari tahap ini. Khusus untuk tes penjumlahan urutan angka secara menurun, gunakan pulpen atau pensil biasa. Ingat kecepatan dan ketepatan adalah kunci keberhasilan tes ini
  • Test Of English As A Foreign Language (TOEFL) dipergunakan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris dari calon pegawai. Tes ini dibagi menjadi listening, structure dan reading. Untuk lolos tes ini Anda minimal harus mendapatkan total skor 500. Tes model ini dipergunakan oleh Bank Mandiri pada seleksi Officer Development Program (ODP).
  • Tips : Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapai TOEFL dengan mengikuti TOEFL short course, misalnya di lembaga Englih First (EF), Real English atau lembaga bahasa inggris lainnya. Belajar TOEFL secara mandiri juga bia dilakukan dengan membeli buku TOEFL Barron’s, karena di dalam buku tersebut terdapat materi-materi penguasaan TOEFL secara cepat dan mudah, serta dilengkapi dengan tes soalnya dan kunci jawabannya. Yang terakhir adalah menguji kemampuan/skor anda dalam hal TOEFL dengan mengambil tryout di lembaga-lembaga bahasa inggris swasta/universitas.
  • Tes Diskusi atau sering disebut Focus Group Discussion ini, dipergunakan Bank untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon pegawai dalam hal kecepatan memahami masalah, kepemimpinan, teamwork dan sportifitas. Calon pegawai dikelompokan dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 4-8 orang, yang akan diuji kemampuan berdiskusi dalam menyelesaikan suatu masalah. Tes model ini dipergunakan diantaranya di Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Niaga dan Bank Danamon. Tips : anda tidak perlu mendominasi diskusi atau menang berdebat dalam mempertahankan argumen anda. Yang harus anda lakukan adalah memberikan kontribusi positif terhadap jalannya diskusi, misalnya dengan memberikan argumen yang menarik atau menjadi moderator diskusi. Utarakan argumen anda secara santun dan tidak emosional
  • Tes Bahasa Inggris relatif lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL. Hal ini disebabkan karena Bank hanya bermaksud mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris calon pegawai (Pasive-English). Materi Soalnya pun relatif lebih mudah karena hanya structure dan reading. Tes model ini dipergunakan oleh Bank Niaga dalam penyaringan seleksi Program Pendidikan Eksekutif (PPE). Tips : Anda cukup me-refresh pelajaran SMU/Kuliah tentang structure dan tense
  • Tes Kesehatan dipergunakan untuk mengetahui kebugaran calon pegawai terhadap penyakit maupun narkoba. Tes ini terdiri atas tes darah, tes tekanan darah, tes buta warna dan tes urine. Semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Persiapkan fisik anda mulai seminggu sebelumnya, melalui olah raga, jauhi makan berkolesterol dan cukup istirahat. Bagi anda yang merokok ada baiknya anda menguranginya walau untuk sementara waktu.
  • Tes psikologi dilakukan Bank untuk melihat sejauh mana kepribadian dari calon pegawai. Dalam tes ini tidak ada istilah benar/salah, yang ada hanyalah kesesuaian terhadap kebutuhan/posisi spesifikasi jabatan yang ditawarkan. Seorang calon pegawai dengan pribadi kreatifitas sangat tinggi atau suka akan tantangan, terkadang justru kalah bersaing dalam seleksi masuk Bank, dibandingkan calon pegawai berkreatifias sedang namun berintegritas tinggi (jujur). Karena secara umum, Bank membutuhkan pegawai dengan spesifikasi : jujur, disiplin, cerdas, kreatifitas sedang, namun luwes. Hampir semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Anda harus jujur menjadi diri anda sendiri, sehingga kelak kalaupun diterima, anda akan nyaman bekerja sebagai pegawai Bank.
  • Tes wawancara dipergunakan untuk mengenal perilaku ataupun sikap calon pegawai dalam menghadapi masalah/pertanyaan yang diajukan jajaran manajemen/direksi. Semua Bank menggunakan tes model ini. Tips : Anda hanya perlu berpakaian sopan, rapi, wangi namun tidak berlebihan, dan menjawab setiap pertanyaan dengan santun, lugas dan berkesan tangkas. Ada baiknya Anda juga menyiapkan jawaban-jawaban dalam bahasa inggris, minimal ketika memeperkenalkan diri anda.


Dan berikut saya juga membagikn tips wawancara kerja di BANK,,,,,

1. Survey lokasi tempat interview
Yang harus anda lakukan pertama kali sebelum interview kerja adalah dengan melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya ketika hari h nanti anda tidak perlu repot-repot mencari tempat interview yang bisa membuang-buang waktu dan pikiran.

2. Datang lebih awal
Tips kedua sebelum melakukan wawancara kerja yatu datanglah lebih awal. Dengan datang lebih awal anda bisa rileks,  menghindari gugup, karena anda tergesa-gesa karena terlambat. Untuk itu, datanglah lebih awal 30 menit sebelum interview kerja.

3. Siapkan jawaban pertanyaan wawancara
Anda juga perlu memprediksi kemungkinan pertanyaan yang akan di ajukan oleh si pewawancara misal tentang profil perusahaan, misi perusahaan, dan lain-lain. Hal ini akan membuat anda percaya diri sebelum melakukan interview.

4. Berpakaian rapih dan formal
Siapa bilang pewawancara tidak menilai cara berpakaian anda? Pada umumnya selain pewawancara menilai kemampuan anda, ia juga menilai tentang cara berpakaian anda. Ingat peribahasa yang berbunyi, "cara berpakaian mencirikan pribadi seseorang". Berpakaianlah dengan rapih dan formal. Mulai dari kerapihan rambut, sepatu pakaian, kebersihan tubuh dan sebagainya. Ingat ini juga jadi nilai plus lohh? :D (Tapi ingat juga penampilan oke bukan berarti anda harus ganjen ya, apalagi menggoda si pewawancara) Bahaya!! hihi.

5. Bersikap sopan dan ramah
Ketika anda hendak melakukan interview, bersikaplah dengan sopan. Ketuk pintu, ucapkan salam, dan berikan senyuman. Lakukan ini dengan rasa percaya diri. Ingat juga, keramahan menjadi suatu hal yang amat penting bagi mereka yang ingin bekerja di bank. Saya sendiri juga tak pernah melihat seorang pekerja bank yang terlihat jutek. Semuanya ramah lho? Ngarti kan maksudnya?? :D

6. Jujur, apa adanya, dan jangan bertele-tele
Ketika anda menjawab pertanyaan si pewawancara, jawablah dengan jujur dan apa adanya. Jangan pernah berikan jawaban yang bertele-tele, apalagi ingin kelihatan keren dan sok pintar. Huuuhh cape dehh. Berikan juga perhatian dengan kontak mata kepada si pewawancara dengan wajar. Ini dilakukan untuk membuktikan penghormatan anda kepadanya.

7. Akhiri dengan terima kasih yang tulus dan jabat tangan
Jangan lupa setelah sesi wawancara berakhit, ucapkan terima kasih yang tulus serta jabatan tangan. Berikan senyuman sebagai tanda hormat anda padanya. Jika anda melakukan ketujuh tips tersebut, insya Allah anda bisa diterima kerja di Bank.

Nah itulah tadi beberapa Tips Wawancara (Interview di bank) semoga dapat bermanfaat ya,,,,,,,,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel