PENYEBAB PELAMAR GAGAL DITERIMA DALAM KERJA

Inilah hal-hal yang bisa membuat Anda gagal diterima di sebuah perusahaan:

1. Tidak Percaya Diri
Terlihat terlalu malu dan tidak percaya diri juga bukanlah sikap yang baik saat wawancara kerja. Jawaban Anda yang terbata-bata dengan nada ragu-ragu serta suara yang kecil hanya akan membuat Anda tampak lemah.

2. Kurang Siap
Persiapan untuk wawancara kerja tentunya sangat penting. Dengan persiapan yang cukup, maka Anda dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Jangan lupa untuk mempelajari profil perusahaan tempat Anda diwawancara. Terkadang, mereka akan menanyakan sejauh mana Anda mengetahui tentang perusahaan mereka.

3. Terlalu Pasif
Menjawab pertanyaan seadanya membuat Anda seolah tidak tertarik pada pekerjaan tersebut. Tunjukkan sedikit rasa antusias pada pekerjaan yang Anda ajukan. Buatlah orang yang mewawancara Anda berpikir bahwa Anda tertarik untuk mengisi lowongan yang ada di dalam perusahaan.

4. Jawaban Klise
Jangan terlalu banyak menyampaikan konsep yang masih di awang-awang. Jawablah setiap pertanyaan dengan lugas, singkat serta padat. Bicaralah seperlunya dan langsung pada intinya. Berbicara berputar-putar dengan segala teori hanya akan membuat Anda terdengar membosankan.

5. Sombong
CV serta daftar panjang pengalaman bukanlah hal yang menghalalkan Anda bersikap arogan. Boleh jadi kualifikasi Anda tinggi, namun harus tetap rendah hati. Bisa dijamin, tak ada seorang pun yang ingin memiliki karyawan dengan watak arogan dan keras kepala.

6. Terlambat
Jika hal ini terjadi, maka Anda telah memberikan kesan pertama yang sangat buruk. Perkirakan waktu yang harus Anda habiskan menuju tempat wawancara dan jika sesuatu terjadi di perjalanan sehingga membuat Anda terlambat, setidaknya Anda memiliki nomor kontak perusahaan yang akan mewawancarai Anda dan segeralah memberitahu halangan yang sedang Anda hadapi.

7. Telepon
Matikan telepon genggam Anda saat wawancara berlangsung. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada telepon, SMS ataupun BBM masuk. Jika Anda terlupa dan berbunyi saat wawancara, maka matikan saat itu juga dan ucapkan permohonan maaf.

8. Berbicara Negatif
Anda mungkin membenci pekerjaan dan bos Anda sebelumnya, namun jangan pernah mengatakan hal ini saat wawancara kerja. Anda tidak pernah tahu jika orang yang mewawancarai Anda adalah kenalan bos Anda.

9. Salah Kostum
Penampilan adalah hal yang pertama yang akan dinilai para pewawancara. Sebisa mungkin cari tahu budaya kantor tempat Anda melamar. Lain perusahaan, lain pula budayanya. Namun jika Anda ingin tampil 'aman', padanan kemeja putih dan rok pensil atau celana pipa hitam. Pakailah sepatu hak tinggi yang tertutup agar penampilan Anda lebih rapi dan tangguh.

10. Membicarakan Gaji Sebelum Ditanya
Semua pewawancara tahu bahwa orang cenderung pindah kerja untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Namun jangan pernah menanyakan soal gaji jika mereka tidak memulainya, termasuk juga untuk negosiasi gaji. Karena hal tersebut terbilang sensitif. Jadi sebaiknya diungkapkan pada waktunya nanti.



MORE,,,,,,,,,,,,,,,, ALASAN GAGAL DITERIMA KERJA,,,,,,,,,


Anda hebat, tetapi ada yang lebih hebatSemakin lama, semakin banyak orang yang berkualitas dan menginginkan pekerjaan yang sama. Jadi meskipun Anda sudah merasa hebat, bisa jadi ada orang yang lebih hebat dan akhirnya mengalahkan Anda dalam perebutan suatu pekerjaan.

Tidak memenuhi kualifikasiTerkadang, pencari kerja melewatkan salah satu syarat yang disebutkan oleh perusahaan ketika membuka lowongan. Jadi coba perhatikan lagi surat lamaran Anda. Mungkin ada salah satu bagian di sana yang benar-benar diperhatikan perusahaan.

Wawancara tidak lancarSurat lamaran sudah oke, lantas bagaimana dengan wawancara? Evaluasi lagi sikap yang Anda tunjukkan. Beberapa bahasa tubuh yang buruk bisa menjadi salah satu alasan utama kenapa Anda gagal diterima kerja.

Kepribadian burukHampir sama dengan proses wawancara yang mungkin kurang berjalan mulus, kepribadian ternyata juga dinilai oleh perusahaan. Sebab percuma jika Anda bisa bekerja dengan baik tetapi memiliki sifat yang menyebalkan.

Tidak antusiasPerusahaan pasti ingin tahu seberapa besar antusias Anda terhadap pekerjaan yang ditawarkan. Jadi tunjukkan hal itu. Kalau tidak, perusahaan punya alasan kuat untuk tidak menerima Anda.

Mengharapkan hasil pada diri sendiriDi mana saja Anda bekerja, pikirkan hal apa yang bisa Anda dapatkan sekaligus berikan pada perusahaan. Jangan hanya mengharapkan hasil pada diri sendiri saja. Anda pasti akan ditolak jika punya idealisme seperti itu.
Itulah beberapa alasan utama kenapa Anda gagal diterima kerja. Ingat-ingat lagi, Anda pernah mengalami yang mana?
 

Subscribe to receive free email updates: